Pola Makan Untuk Penderita Diabetes Yang Tepat Dan Sehat

Pola makan untuk penderita diabetes harus benar-benar dijaga agar tidak menyebabkan naiknya kadar gula darah. Orang dengan diabetes harus menjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil, tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah. Peningkatan kadar gula darah yang tidak stabil akan sangat beresiko bagi penderita diabetes, dapat menyebabkan kerusakan saraf, pusing dan kelelahan atau bahkan kebutaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bagi penderita diabetes.

Pola makan untuk penderita diabetes

Pola makan untuk penderita diabetes

Hal – hal yang perlu diperhatikan mengenai pola makan untuk penderita diabetes bukan hanya sekedar jenis makanan apa yang boleh dan tidak boleh, tetapi jumlah dan jadwal makan pun harus turut diperhatikan juga. Bagi penderita diabetes makan bukan hanya sekedar untuk mengenyangkan perut atau mengisi lambung, tetapi makan juga penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya.

Jadwal makan yang disarankan untuk penderita diabetes adalah sebanyak 6 kali dalam satu hari yang terdiri dari 3 kali makan besar dan 3 kali makan ringan/snack. Penderita diabetes sebaiknya sarapan pagi pada pukul 07.00 setelah itu makan ringan pada pukul 10.00. Kemudian makan siang pada pukul 13.00 dan kembali makan snack/makanan ringan pada pukul 16.00. Untuk makan malam sebaiknya pada pukul 19.00 dan makan ringan yang terakhir pada pukul 22.00. Hal itu dimaksudkan agar asupan gula darah tetap stabil, tidak tiba-tiba naik dan tidak tiba-tiba turun. Selain itu jadwal makan 6 kali dalam satu hari juga dimaksudkan agar lambung tidak kosong. Porsi makan untuk penderita diabetes juga tidak boleh terlalu banyak namun sering. Oleh sebab itu jadwal makan diatur 6 kali dalam satu hari agar penderita diabetes dapat makan dengan sering namun dengan porsi yang tidak banyak.

Asupan gula darah ke dalam tubuh bergantung pada jenis asupan makanan yang kita konsumsi. Untuk itu sangat penting untuk memilih jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan. Penderita diabetes sebaiknya memilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan biji-bijian utuh seperti oatmeal dan nasi merah. Penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi daging namun yang tanpa lemak, dimasak dengan cara direbus, dipanggang atau dikukus. Brokoli dan bayam merupakan jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Selain itu jenis ikan tertentu yang tidak memiliki kadar merkuri tinggi seperti salmon, tuna dan makarel juga sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Makanan yang harus dihindari

Penderita diabetes juga memiliki pantangan makanan yang tidak boleh dimakan. Pantangan itu diantaranya yaitu mengkonsumsi nasi putih. Mengapa? Karena nasi putih memiliki kadar gula yang sangat tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi secara terus menerus oleh penderita diabetes. Selain itu penderita diabetes juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi mie dan pasta karena mengandung indeks glikemik tinggi. Kefein juga tidak baik jika diminum oleh penderita diabetes, maka dari itu jika anda memiliki penyakit diabetes sebaiknya hindari untuk meminum minuman yang mengandung kafein. Kentang mengandung kadar karbohidrat tinggi yang sangat mempengaruhi naiknya kadar gula darah. Oleh karena itu kentang juga tidak baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Jika Anda memiliki penyakit diabetes sebaiknya memasak sendiri makanan yang akan dimakan. Dengan memasak makanan sendiri, Anda jadi mengetahui secara jelas kandungan yang baik atau tidak bagi tubuh yang ada dalam makanan tersebut. Makanan yang dimasak sendiri juga terjaga kesehatan dan kebersihannya. Hindari makanan yang tidak baik bagi tubuh Anda dengan mengetahui dengan tepat pola makan untuk penderita diabetes. silahkan kunjungi dan baca juga obat sakit diabetes alami.

Author: admin

Distributor Spirulina Pacifica untuk Wilayah Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *